Normal Mode
Responsive Mode




Pada kesempatan kali ini saya posting beberapa hal atau kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna komputer, ramai dikalangan kita yang bisa menggunakan komputer dan terutama bagi yang masih baru dibidang komputer mungkin bisa melakukan apa saja program misalnya main game, editor, internet dan sebagainya.

Namun tanpa disadari mungkin komputer kita terancam dengan berbagai masalah terutama virus, karna virus ini sangat mudah masuk dikomputer kita baik melalui internet email dan website maupun melalui fail-fail dari komputer lain, maka itu sebaiknya kita hati-hati sebelum terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan.


Adapun kesalahan ataupun kealpaan yang sering terjadi tanpa disadari adalah sebagai berikut:

  1. Tidak Pernah Update Anti Virus
    Sebagai pengguna komputer kita mesti tahu bahwa setiap hari berbagai jenis virus tersebar terutama sekali di internet, jadi tidak salah jika kita buat suatu perlindungan dengan memasang pengisian beberapa jenis anti virus misalnya, Avira, AVG, Kaspersky dan sebagainya.
    Akan tetapi percuma saja jika kita hanya mempunyai anti virus dan tidak pernah melakukan update virus definition / database baik melalui secara online maupun secara manual update, karna apabila virus telah menyerang komputer maka anti virus tidak bisa beroprasi dengan baik, bahkan tidak mampu mengatasinya, jadi sebaiknya update anti virus seminggu sekali.
  2. Jarang Melakukan Scanning Pada PC
    Ini juga merupakan hal penting karna walaupun anda mempunyai anti virus yang terbaik, dan selalu update tapi sangat jarang melakukan scanning pada PC itu tidak bermakna komputer anda selamat, karna kadangkala anti virus tidak bisa mengesan virus secara otomatis.
    Tapi apa yang perlu anda lakukan adalah membuat scanning full pada PC sekurang-kurangnya seminggu sekali, namun jika anda merasakan ada kelainan atau prestasi pada komputer anda menurun secara drastic, maka seharusnya anda melakukan scanning dengan segera.
  3. Tidak Menggunakan atau Memasang Anti Virus Lokal
    Kebanyakan pengguna komputer hanya menggunakan satu jenis anti virus saja
    , dalam hal ini jika atau anda scanning anti virus tersebut maka ianya tidak bisa mengenal semua jenis virus yang ada di PC, dan anda mungkin fikir bahwa tidak ada lagi virus di dalam PC walaupun sebenarnya masih ada tanda-tanda jangkitan yang membuat PC anda lemah.
    Jadi sebaiknya anda memasang beberapa jenis lokal anti virus baik jenis portable maupun jenis standalone dan installer misalnya Trojan Remover, Geekz, Virus Remover, Combo Fix dan sebagainya. Dengan adanya lokal anti virus ini walaupun anda tidak melakukan scanning  menggunakan anti virus seperti Karspersky, Bitdefender dan Avira, namun setidak-tidaknya anda bisa menggunakan jenis lokal anti virus untuk membuang atau menghapus virus-virus yang ada didalam komputer anda, Walaupun kebanyakan yang tidak setuju dengan memasang beberapa jenis anti virus dengan alasan operasinya bisa bentrok, tapi sebenarnya itu tidak terjadi jika kita menggunakan dengan baik dan benar.
  4. Tidak Memperbaiki / Melakukan Registry
    Hal ini sering juga dilakukan bagi pengguna komputer karna kebanyakan yang berfikiran bahwa komputer sudah aman setelah menghapus semua virus-virus, sebenarnya anda masih perlu memperbaiki registry yang telah dirubah oleh virus maupun spyware yang menyebabkan PC jadi lemah, hang dan sebagainya dan itu di karenakan oleh perubahan pada registry tersebut. Berikut ini ada beberapa jenis pengisian yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki registry misalnya: Regcure, CCleaner, Advanced System Care, Regwash, setelah anda membuang virus maka perlu melakukan scan registry dan registry anda akan dirubah kembali seperti sediakala.
  5. Double Klik Pada USB
    Kebanyakan pengguna yang menyimpan fail-fail di dalam USB drive sudah tentu sering melakukan perpindahan fail-fail dari PC teman yang mungkin terjangkit virus, dan kemudian anda memasukkan USB drive ke PC anda dengan double klik pada icon USB tersebut maka secara otomatis virus akan menyerang system di PC anda. Jadi saya sarankan supaya anda memasang pengisian USB Disk Security dan akan lebih selamat jika USB disambungkan ke PC anda, karena pengisian ini akan menghapus autorun yang akan mengakibatkan secara otomatis virus menjalar di PC anda.

Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 07.29 WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: , .

Klik tombol "SUKA" bila Anda suka dengan artikel ini. Silahkan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silahkan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://lapagego.blogspot.com/2013/07/ada-5-kesalahan-pengguna-komputer.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Terdapat 2 komentar untuk artikel ini.

  1. Baru tau ane... makasih gan infonya, sangat bermanfaat...
    Oiy, ane udah follow blog agan, ditunggu folbacknya gan...
    http://tugasku-4u.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Ok gan terima kasih atas kunjungannya...saya sudah folback

    BalasHapus

Berkomentarlah Dengan Sopan "Terima Kasih"